Tips Sederhana Merancang Kolam Untuk Ikan Koi

Tips Sederhana Merancang Kolam Untuk Ikan Koi . Buidaya ikan koi nampaknya kian trending akhir-akhir ini,namun tak jarang orang yang paham tentang budidaya ikan koi ini,terlebih soal kolam yang mereka jadikan untuk budidaya.

Seolah-olah permasalahan akan kolam ini tidak begitu di petingkan,hal ini terjadi karena minim nya informasi tentang kolam yang cocok untuk budidaya ikan koi,kali ini kami akan mengulas sedikit tentang budidaya ikan koi di media kolam,baik itu kolam tanah,maupun kolam beton dan juga kolam terpal

Tips Sederhana Merancang Kolam Untuk Ikan Koi

Step pertama yang harus bisa anda lakukan yaitu terlebih dahulu untuk mempersiapkan setiap perhitungan budget atau dana. Karena disinilah letak adanya beberapa problem yang mungkin dapat menjadi pilihan bagi anda untuk mengetahui segala macam  jenis kolam yang cocok untuk budidaya ikan koi,yang pertama adalah jenis kolam beton, atau bisa juga kolam tanah dan terajhir jenis kolam terpal.  Maka dengan begitu sudah jelas peran kucuran dana akan sangat berpengaruh pada penentuan jenis kolam yang akan digunakan.

Kali ini kami akan mengulas tentang jenis kolam yang cocok untuk budidaya ikan koi,diantaranya:

Kolam Tanah

Kolam tanah ini pada dasarnya merupakan jenis kolam yang masih ada kaitannya dengan jenis kolam tembok atau beton. Pasal nya,kolam tanah ini merupakan jenis kolam bagian dasarnya alami dari tanah,pada bagian dinding menggunakan dinding yang terbuat dari bahan beton. Atau juga bisa benar-benar full tanah. Namun saran kami untuk penggunaan kolam tanah,sangat cocok  difungsikan sebagai tempat karantina indukan atau untuk pembesaran. Selain pakan buatan yang bisa dimakan nantinya, pakan alami akan ditemukan pada kolam tanah.

Untuk anda yang ingin sukses budidaya ikan koi di kolam apapun,silahkan klik disini

Yang pertama kali harus anda perhatikan adalah melihat luasan daerah yang ingin anda jadikan sebagai tempat kolam tanah. Maka,untuk budidaya ikan koi ini idealnya diperlukan setidak nya  3 buah kolam. Yang pertama untuk tahap pemijahan, lalu kemudian kolam untuk pembenihan dan terakhir kolam untuk pembesaran. Dengan masing-masing ukuran yang berbeda pula,sebagai contoh bisa anda buat ukuran untuk pemijahan yaitu sekitar 4 x 6 meter.

Untuk pembenihan, anda bisa membuat lebih kecil yakni dengan ukuran 2 meter dengan ukuran demikian sudah cukup. Hal itu diperlukan agar supaya ikan koi bisa terkontrol secara maksimal. Dan yang terakhir adalah untuk tahap pembesaran,maka dengan kolam jenis ini anda  bisa membuat kolam yang lebih besar dengan ukuran antara 7 x 8 meter atau juga bisa lebih.

Untuk anda yang ingin membuat kolam dengan cara yang simple dan juga mudah,anda dapat menggunakan jenis kolam Terpal. Yang mana jenis kolam ini mudah dan juga simple dalam penggunaanya,berikut ulasan tentang kolam terpal

Kolam Terpal

Yang terakhir adalah kolam terpal. Perlu diperhatikan dalam pemilihan bahan terpalnya yaitu yang khusus untuk kolam ikan. Kolam terpal bisa digunakan untuk pemijahan dan pembenihan. Ukurannya beragam, biasanya sudah ditentukan atau diukur di toko-toko penjual terpal.

Untuk kolam ikan koi dengan ukuran tersebut, terpal yang akan kita butuhkan yakni berukuran sekitar 6 × 7 meter. Untuk memelihara ikan koi, jenis terpal yang kita pakai adalah yang halus atau biasa disebut Orchid.

Pada umumnya, kolam ikan koi dari bahan terpal ini bisa dibuat dengan ukuran 4 × 5 × 1 meter, yang mana artinya memiliki lebar 4 meter, dan juga panjang sekitar 5 meter dan kedalaman hampir 1 meter. Tips Sederhana Merancang Kolam Untuk Ikan Koi

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *