Perangkat Lunak Off-The-Shelf

1. Apa yang menentukan harga perangkat lunak? Apakah Per Kursi atau Per Pengguna atau Per Prosesor?

Biaya perangkat lunak ditentukan dalam banyak cara. Dua cara paling populer adalah Per Kursi atau Per Pengguna Serentak. Per Kursi ditentukan oleh berapa banyak kursi di bisnis Anda yang akan menggunakan perangkat lunak pada waktu tertentu. Di sisi lain, Per Pengguna Serentak didasarkan pada sejumlah pengguna Perangkat Lunak Pengganti yang dapat mengakses perangkat lunak sekaligus. (Contoh: pengguna konkuren berarti program dengan lisensi untuk 5 pengguna dapat diinstal pada 100 mesin tetapi hanya maksimal 5 orang yang dapat menggunakan sistem sekaligus.) Per Prosesor dihitung pada berapa banyak mesin (PC atau server) perangkat lunak akan berjalan. Banyak aplikasi perangkat lunak perusahaan yang lebih besar menggunakan metode ini untuk menentukan harganya.

2. Apa jenis layanan di tempat yang termasuk dalam pembelian?

Banyak program yang harganya lebih tinggi harus menyertakan sejumlah layanan atau dukungan di tempat. Jika tidak, pastikan keduanya (layanan & dukungan) dimasukkan ke dalam kontrak Anda sebelum membeli. Tetapi, waspadalah bahwa ini adalah area di mana perusahaan menghasilkan sebagian besar keuntungan mereka. Beberapa perusahaan mengandalkan pengembalian Anda dengan permintaan untuk penyesuaian perangkat lunak. Sekarang setelah Anda memiliki perangkat lunak dan telah menghabiskan banyak waktu untuk membeli perangkat keras dan mendedikasikan sumber daya, mereka tahu Anda sudah “setengah jalan di kolam”; mereka juga tahu bahwa Anda akan kesulitan menolak membayar uang tambahan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Layanan ini dapat mencakup apa saja dari kelas pelatihan, penyesuaian, atau bantuan dengan masalah pemasangan. Dalam kasus perusahaan perangkat lunak lokal, perlu diingat bahwa mereka harus secara otomatis menyediakan semacam layanan di tempat (minimal) sebelum membeli. Ini hanya dapat membantu merampingkan proses implementasi Anda dan meningkatkan kemungkinan keberhasilan Anda, dengan manfaat tambahan dari pengembalian investasi yang lebih tinggi (ROI). Siapa yang tidak suka memilikinya?

3. Apakah ada jaminan kepuasan dengan perangkat lunak mereka?

Ini paling banyak diabaikan ketika membeli perangkat lunak. Terkadang pengguna yang tidak puas akan mengharapkan pengembalian dana setelah memutuskan bahwa itu bukan yang mereka inginkan. Pengalaman saya adalah bahwa begitu pengembang menerima pembayaran untuk perangkat lunak, dibutuhkan keajaiban jasa pembuatan software untuk mendapatkan pengembalian uang dalam bentuk apa pun. Sebelum membeli perangkat lunak Anda berikutnya, pastikan untuk mengetahui kebijakan pengembalian dan jumlah hari Anda dapat memiliki perangkat lunak di tangan Anda dan masih dapat mengirimkannya kembali untuk mendapatkan pengembalian uang penuh atau sebagian. Dengan perangkat lunak yang dikembangkan khusus, hal itu mungkin lebih rumit bagi pembeli, Anda harus membuat ini menjadi kontrak sebelum pekerjaan dimulai. Tak perlu dikatakan betapa pentingnya untuk menentukan ini di muka jika Anda berubah pikiran.

4. Berapa lama waktu penyelesaian untuk memperbaiki “bug”?

Beberapa perusahaan akan mengatakan bahwa mereka akan memperbaiki masalah perangkat lunak segera setelah Anda menemukannya. Ada orang lain yang akan mengkompilasi daftar perbaikan “bug” dan merilisnya sesuai jadwal yang nyaman bagi mereka. Ini bisa terjadi baik bulanan, dua bulanan, triwulanan, atau tahunan. Tidak ada jalan yang lebih baik atau lebih buruk, selama Anda berurusan dengan perusahaan perangkat lunak terkemuka yang tetap setia pada kata-kata mereka. Mengetahui hal ini sebelum membeli perangkat lunak memungkinkan Anda menangani pengguna akhir perangkat lunak dengan lebih baik dan memungkinkan Anda memberikan kerangka waktu yang lebih akurat tentang kapan pengguna Anda akan melihat perubahan atau menyelesaikan masalah mereka.

5. Seberapa sering pembaruan program dilakukan dan apakah mereka memberi tahu pelanggan?

Ini adalah item kunci lain yang banyak diabaikan. Ada dua garis pemikiran yang dapat digunakan perusahaan untuk memperbarui pelanggan. Perusahaan mungkin memutuskan untuk tidak memberi tahu pelanggannya sama sekali ketika pembaruan diluncurkan. Mereka mungkin berpikir bahwa jika pelanggan memiliki masalah, mereka akan menghubungi mereka. Pada saat itu akankah mereka memberi tahu pengguna tentang pembaruan yang tersedia? Waspadalah terhadap metode layanan ini, atau ketiadaan. Hindari perusahaan yang tidak menyediakan ini sebagai opsi untuk klien mereka. Garis pemikiran kedua adalah bagi perusahaan untuk memberi tahu pelanggannya secara teratur tentang pembaruan. Mereka juga dapat menawarkan opsi untuk memasukkan pelanggan pada milis. Dalam hal ini pastikan bahwa mereka memiliki banyak kontak yang ada di daftar distribusi email sehingga semua orang yang seharusnya tahu tidak akan ditinggalkan dalam lingkaran komunikasi.

6. Apakah perangkat lunak yang diusulkan scalable dalam desain?

Perangkat lunak yang skalabel dalam desain berarti dapat dengan mudah tumbuh bersama bisnis Anda, dengan biaya minimal untuk Anda. Faktor-faktor termasuk kustomisasi pengguna akhir, struktur basis data saat ini, dan input dan output seperti laporan, dan konektivitas ke sistem basis data Anda yang lain. Skalabilitas sangat penting untuk usaha kecil, karena mereka dinamis dalam pertumbuhan. Tidak ada yang mau melompati pengujian, pengembangan, penyesuaian, dan pelatihan, untuk membeli perangkat lunak hanya untuk mengetahui setahun kemudian bahwa Anda telah melampaui itu dan Anda perlu menggantinya. Dengan perencanaan yang tepat pada saat pembelian saja Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pengalaman perangkat lunak yang sukses.

7. Dapatkah sistem dikustomisasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda?

Jika Anda memerlukan penyesuaian pada perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu, aturan praktis yang baik adalah bahwa itu tidak boleh lebih dari 1/3 dari harga harga perangkat lunak. Jangan pernah lupa bahwa berkali-kali perusahaan perangkat lunak akan bernegosiasi dengan Anda untuk penyesuaian. Sebagai pelanggan, perusahaan perangkat lunak mana pun yang layak waktu Anda pasti ingin membuat Anda bahagia. Dalam beberapa kasus mungkin perlu ada beberapa memberi dan menerima oleh kedua belah pihak. Aturan praktis yang baik adalah selalu mendiskusikan kebutuhan Anda dengan manajemen secara langsung. Gatekeeper cenderung menyeret kaki mereka di kali. Membeli perangkat lunak yang mengetahui bahwa Anda perlu melakukan perubahan besar harus menjadi tanda bahwa Anda benar-benar harus mengambil langkah mundur dan melihat semua opsi Anda termasuk: pengembangan in-house, outsourcing, dan bermitra dengan pengembang perangkat lunak untuk memangkas harga.

8. Apa saja rintangan khas yang dapat Anda harapkan dengan instalasi yang Anda rencanakan?

Tidak peduli apa generasi (misalnya versi 1 yr ke-2, versi ke-10 10 th, dll …) perangkat lunak saat ini sedang dalam, perusahaan perangkat lunak setidaknya harus dapat memperingatkan Anda tentang rintangan yang mereka alami dalam implementasi yang telah mereka lakukan. Jika tidak, ini akan menaikkan bendera merah untuk Anda. Perusahaan perangkat lunak harus melacak informasi jenis ini, terutama jika mereka terus berupaya meningkatkan produk mereka. Anda akan menemukan bahwa mereka terkadang mengalami masalah yang sama 2 atau 3 kali sebelum mereka memperhatikan dan mengambil tindakan untuk menyelidiki dan menyelesaikannya sebelum instalasi selanjutnya.

9. Berapa jam dukungan dan bagaimana departemen dukungan mereka beroperasi?

Apakah Anda berada di seberang kota atau di sisi lain dunia, jika Anda membutuhkan bantuan dan dukungan tidak tersedia untuk Anda, satu-satunya pilihan adalah mengambil sistem turun untuk jangka waktu yang tidak diketahui dan menunggu bantuan. Sebelum menikah dengan perusahaan perangkat lunak dengan membeli produk mereka, cari tahu di mana perusahaan itu berada dan jika perusahaan memiliki apa yang saya definisikan sebagai sistem dukungan pelanggan “pasif” atau “aktif”. Tindak lanjuti dengan pertanyaan-pertanyaan penting seperti, “Apakah Anda hanya akan mengembalikan telepon saya pada jam-jam tertentu dalam sehari?”, “Apakah saya harus meninggalkan pesan dan menunggu telepon untuk menelepon kembali?”, “Apakah saya akan mendapat panggilan balik langsung dari seorang representatif atau akankah saya dipindahkan ke seseorang yang berbeda setiap kali saya menelepon? ”

10. Tanyakan apakah ada daftar item yang telah diminta untuk dimasukkan dalam pembaruan perangkat lunak berikutnya. Jika memungkinkan, minta juga tanggal penyelesaian untuk barang-barang dalam daftar.

Sebelum mereka mengatakan tidak, tenangkan mereka dengan memberi tahu mereka bahwa tujuan Anda adalah untuk mengetahui fitur apa yang termasuk di dalamnya sehingga Anda dapat merencanakan ke depan untuk bisnis Anda. Kemungkinannya adalah jika seseorang meminta sesuatu, Anda juga dapat menggunakan fitur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *