Jangan Mengaku Kalau Kamu Jurnalis Modern Bila Belum Memiliki 5 Skill Berikut!

Internet telah mengubah jurnalisme. kamu harus menjadi lebih dari sekadar seorang penulis hebat untuk mendapatkan pekerjaan impianmu ini. Berikut adalah lima keterampilan yang harus dimiliki agar kamu bisa menjadi seorang jurnalis modern yang baik.

Berpikiran Terbuka

Ini memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Memiliki pikiran terbuka memungkinkan siapapun untuk sepenuhnya memahami realitas dari suatu situasi. Sebagai seorang jurnalis, memiliki opini yang cenderung membuat bias dan menghakimi merupakan suatu hal yang wajib untuk dihindari. Setiap orang memiliki pendapat, setiap orang memiliki sisi cerita, tetapi tugasmu sebagai jurnalis adalah untuk menggambarkan keseluruhan peristiwa atau situasi. Dengan pikiran yang terbuka,kamu dapat melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang sehingga dapat meminimalisir pendapat atau opini yang bias.

Kegigihan

Menulis sebuah artikel memang tidak selamanya terasa mudah, terkadang dibutuhkan banyak ketekunan. Sebagai seorang jurnalis, keterampilan mempertahankan tugas yang ada adalah kuncinya, terutama ketika penulis merasa buntu. Berikut tips agar tidak buntu ketika menulis: mulai dokumen baru, mulai halaman baru dan tulis lagi. Jangan lupa untuk istirahat sejenak selama 10 menit tetapi jangan terlena akan waktu instirahat, lanjutkan kembali tulisanmu.

Keterampilan Penelitian

Seorang jurnalis yang dapat melakukan penelitian hebat akan menghasilkan artikel yang berpengetahuan dan itulah yang diinginkan pembaca. Ketika sampai di situ, orang-orang mempercayai fakta.

Keterampilan teknis

Seorang jurnalis harus memiliki keterampilan dasar seperti menulis, media sosial, dan sopan santun, tetapi ada beberapa keterampilan keras yang dapat membedakanmu dengan penulis lainnya. Jika memiliki kemampuan dalam desain grafis, fotografi, dan/atau videografi, kamu memiliki keterampilan yang akan menguntungkan dalam banyak hal.

Bahasa Asing

Memiliki kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, atau yang lainnya tentu akan sangat menguntungkan bagi kamu yang seorang jurnalis. Kamu dapat mewawancarai lebih banyak narasumber karena kamu telah meminimalisir keterbatasan bahasa. Kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak sumber karena kamu bisa menjadi di bagian lain dalam internet seperti jurnal berbahasa asing, media asing, atau artikel dalam bahasa asing.

 

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *