Cara Merawat Tumbuhan Hias Dalam Pot

Cara Merawat Tumbuhan Hias Dalam Pot

Setelah anda menanam tanaman hias dalam pot, tentunya dibutuhkan perlakuan khusus atay perawatan yang baik agar tanaman hias yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik, berikut ini beberapa cara untuk merawat tanaman hias dalam pot.

Penyiraman atau Pengairan

Ada dua teknik untuk melakukan penyiraman pada tanaman hias dalam pot.

  • Pertama, dengan melakukan penyiraman secara langsung pada acara ini air dapat disiramkan langsung pada permukaan media tanam atau juga dapat melalui pipa yang ditancapkan ke media tanam. Usahakan air siraman tidak mengenai tanaman secara langsung.
  • Cara kedua, dengan memberikan air pada alas pot dengan cara ini air akan meresap ke ataske media tanam melalui system kapiler. Keuntungan media tidak terlalu basah, tetapi ketersediaan air cukup terjamin, untuk membantu peresapan air ke media tanam sebaiknya di pasang tali dari media ke alas pot melewati lubang drainase.

Penyiraman yang baik sebaiknya dilakukan antara pukul 07.00 – 10.00 wib pagi, atau pada saat sore hari. Air yang disiramkan juga harus di perhatikan, Karena jika takaran siraman air yang anda berikan terlalu banyak maka tanaman hias anda akan mengalami pembusukan akar.

Dan untuk mengetahui kadar air dalam tanaman, anda bisa melakukan tes dengan cara menggunakan tangkai lidi yang ditusukkan ke dalam tanah  dengan kedalaman berkisar 5-7 cm. apabila kering sebaiknya anda siram kembali.

Pemupukan

Tanaman hias pun juga membutuhkan pemupukan, agar menjaga nutrisi yang di serapnya sehingga dapat tumbuh dengan subur. Untuk tanaman hias bunga usahakan satu bulan sekali anda beri pupuk NPK atau bisa juga dengan Plant Catalyst 2006 pupuk pelengkap yang mengandung unsur hara lengkap (makro + mikro). Merupakan katalisator dan berperan dalam mengefektifkan serta mengoptimalkan tanaman menyerap pupuk-pupuk utama dari dalam tanah dan dari pupuk dasar (urea, SP-36, KCI, ZA, pupuk kandang).

Membersihkan Daun

Cara sederhana namun sangat penting untuk anda lakukan untuk merawat tanaman hias adalah dengan rutin melakukan pembersihan daun atau tangkai yang mengalami keguguran setiap 2 minggu sekali. Hal tersebut selain dapat membantu meningkatkan kesuburan tanaman juga dapat menjaga keindahan tanaman hias anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *