Cara Merawat Sepatu Wedding agar awet

Setiap wanita pasti ingin momen pernikahannya menjadi sangat spesial, sehingga setiap detail pernikahannya dipersiapkan dan dipesan sesuai dengan impiannya. Salah satunya adalah sepatu wedding, tidak sedikit wanita yang rela mengeluarkan kocek lumayan untuk mendapatkan sepatu impian untuk hari pernikahannya, nah sayang banget kan kalau sepatu wedding kamu hanya dikenakan satu kali ketika menikah saja, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk merawat sepatu wedding kamu nanti. 

Hindari bahan sepatu yang susah perawatannya, seperti satin. Bahan satin akan susah sekali dibersihkan sekali dia terkena noda, terutama noda basah, hindari banget tempat-tempat yang becek kalau kamu mengenakan sepatu berbahan kain seperti satin dan brokat. 

Sebaiknya kamu tidak menyimpan sepatu di tempat yang mudah berdebu. Pastikan tempat kamu menyimpan sepatu aman dan bersih. Kamu juga bisa menyimpannya di dalam kotak sepatu bila sepatumu sangat sensitif terhadap kotoran. Pastikan juga kamu tidak menyimpan sepatu di tempat yang terlalu lembab. Karena tempat yang lembab akan rentan menyebabkan jamur. Berikut beberapa tips untuk menyimpan sepatu

Jangan di tumpuk semuanya secara serampangan. Salah satu tips penting memang menyasar saat penyimpanan. Sering kali karena lelah secara sengaja atau tidak Anda akan menumpuk sepatu dengan sepatu lainnya karena agak malas untuk menaruhnya secara benar dan teratur. Usahakan untuk tidak menumpuk dan cobalah menaruh semua koleksi Anda secara satu persatu dengan rapih.

Cuci sepatu setiap minggunya. Tips selanjutnya adalah jangan lupa untuk membersihkan atau mencuci sepatu kesayangan Anda setidaknya 1 kali setiap minggunya. Hal ini berguna untuk membersihkan noda yang menempel jangan sampai noda tersebut lama karena akan makin sulit membersihkannya. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya setelah dicuci.

Bungkuslah dengan baik. Ya, Anda bisa membungkus sepatu kesayangan dengan plastik atau box saat membeli sepatu agar terhindar dari debu dan kotoran lain pada saat penyimpanan. Bisa juga dengan kertas polos. Dan jangan lupa juga untuk diberi anti lembab atau anti jamur agar sepatu anda tidak jamuran saat penyimpanan dalam beberapa waktu lamanya.

Hindari sering terkena air. Selain sepatu menjadi lebih kotor karena terkena air, juga dapat merubah warna pada sepatu dan juga dapat membuat lem pada sepatu kehilangan kekuatannya.

Untuk membersihkan sepatu juga perlu disesuaikan dengan bahan dari sepatunya agar bs bersih maksimal. Ini nih panduannya:

  • Bahan kain atau kanvas: bagian yang kotor disikat menggunakan sikat gigi dan deterjen. Deterjen ini bisa juga kamu ganti dengan baking soda, untuk warna yang nggak mudah pudar. Setelah disikat, bilas dengan sedikit air, beri gumpalan kertas koran, dan jemur di tempat yang sejuk.


  • Bahan kulit: bagian yang kotor bisa kamu bersihkan dengan menggunakan sikat yang berbulu halus. Sikatlah berlawanan dengan arah permukaan kulitnya. Setelah noda hilang, lap seluruh permukaan sepatu dengan lap kering. Kali ini, kamu nggak perlu menggunakan deterjen atau baking soda.


  • Bahan suede: sebisa mungkin jangan kena dengan air. Bagian yang kotor, disikat dengan suede brush khusus, tanpa deterjen, dan di-finishing dengan menggunakan penghapus karet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *